Konsep Pemasaran

1.Jelaskan pengertian bisnis online!
          Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet,sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau aplikasi.
2.Sebutkan komponen-komponen apa saja yang ada di bisnis online?
·         Content marketing
·         Search engine marketing
·         E-mail marketing
·         Online public relation
·         Sosial media marketing
·         Online advertising
·         Website
·         Conversion
3. Bisnis online adalah merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif , dalam memasarkan produk. Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari bisnis online!
1.      Kelebihan bisnis online
·         Organisasi lebih mudah dan sederhana
·         Tidak terbatas ruang dan waktu
·         Kemudahan memilih target pasar
·         Kemudahan mengelola barang
·         Pelayanan lebih fokus
·         Riset pasar lebih mudah
·         Biaya pemasaran murah
2.      Kekurangan bisnis online
·         Biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi
·         Masih banyak para pelanggan yang enggan untuk membeli secara online
·         Banyak pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet
·         Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online
·         Kerentanan terhadap kegiatan penipuan
·         Pemasaran online tidak membangun hubungan secara langsung saat pelanggan membeli produk
·         Pemasaran online sangat bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis
4.Apa sebenarnya manfaat dari bisnis online ?
            1. Melakukan perubahan dengan cepat. Dengan menggunakan bisnis online, maka perusahaan dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi kesalahan pemasangan iklan atau ssegala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah.
            2. Menentukan sasaran demografis tertentu. Bisnis online memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu seperti halnya gender, usia, dan lokasi. Dengan pemasaran online, perusahaan juga dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan, dan pekerjaan yang akan menjadi sasaran dari kegiatan pemasaran yang dilakukan.
            3. Banyak media pilihan. Dengan menggunakan bisnis online, maka media yang dapat digunakan juga banyak. Dimana media yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis online, diantaranya dapat menggunakan audio, video, blogging, e-mail, media social, dan newsletter yang sedang berlangsung.
            4. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen. Dalam melakukan kegiatan pemasaran tentunya terdapat dua pihak yang terlibat. Dimana pihak tersebut adalah pemasar dan juga konsumen. Dengan adanya bisnis online maka kedua pihak, yaitu pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung) dan konsumen akan diuntungkan.
            5. Kemampuan konversi instan. Dengan adanya bisnis onlie, pemasar dapat memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan. Ketika pemasar memasarkan produk dengan online, pemasar tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi juga dapat mengambil penjual seketika dengan melakukan beberapa klik mouse.
5. Jelaskan perbedaan pemasaran online dan offline!  
            Online :
1.      Dalam biaya pemasaran, pemasaran online tergolong lebih murah. karena tidak memakan biaya banyak, hanya dengan membuat situs tersendiri serta menyebarkan diberbagai sarana-sarana komunikasi yang ada. 
2.       Dalam pemasaran yang luas, penjualan online ini secara tidak langsung semua orang dapat melihat produk penjualan kita dari berbagai pulau, kota, provinsi maupun negara melalui situs penjualan kita sendiri. 
3.       Kemudahan dalam mengakses juga dapat menjadi kelebihan yaitu kita dengan mudah dapat mengunjungi alamat website kita sendiri
Offline :
1. Dalam biaya pemasaran offline, tergolong mahal. dikarenakan kita harus lebih memperbanyak brosur, iklan, begitu juga dengan tenaga. 
2. Dalam pemasaran yang luas, mungkin tergolong sulit. dikarenakan bersifat lokal, apabila kita harus membuka cabang diberbagai kota, kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal. 
3. Dalam mengakses setiap produk dalam offline ini, tergolong sulit dikarenakan apabila pihak produsen membagikan brosur kepada pelanggan kemudian pelanggan susah untuk menemukan alamat dari toko tersebut, maka tidak banyak orang datang ke tempat usaha itu. 
jadi menurut saya apabila kita ingin menjalankan usaha, lebih baik kita membuka dua alternatif yaitu via online maupun offline. agar dapat mempermudah para konsumen untuk membeli barang dan jasa yang ada
6. Bagaimana cara kerja dari binis online?

           a.       Awareness (kesadaran)
Adapun tahap pertama yang dilakukan pemasar dalam memasarkan produknya adalah menumbuhkan  kesadaran. Oleh karena itu, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasaang iklan terlebih dahulu di media social.
b.      Interest (ketertarikan)
Kesadaran yang dibangun oleh para pemasar terhadap konsumen akan memunculkan ketertarikan konsumen.Dengan adanya ketertarikan tersebut, maka konsumen akan mencari tahu tentang produk yang dipasarkan oleh pemasar melalui media online. Dimana konsumen biasanya akan melakukan pencarian melalui mesin pencari (misalnya : Google atau Yahoo dan jejaring social seperti : facebook,  dan twitter ).
c.       Desire (keinginan)
Adanya kesadaran dan ketertarikan dari konsumen yang ditunjang dengan pencariaannya melalui media online akan menimbulkan keyakinan konsumen akan produk yang dipasarkan tersebut.Timbulnya keyakinan yang ada pada konsumen akan mempengaruhi keinginan konsumen, sehingga konsumen berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut melalui situs web.
d.      Action (tindakan)

Tindakan merupakan tahap terakhir sebagai penentu dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa. Dengan adanya kesadaran yang memicu timbulnya ketertarikan yang pada akhirnya memunculkan keinginan dari para konsumen untuk mencoba barang atau jasa yang dipasarkan akan direalisasikan dengan melakukan tindakan yang bertujuan menggunakan barang atau jasa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar