1.Jelaskan
pengertian bisnis online!
Bisnis online adalah bisnis yang
dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet,sedangkan
informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website
atau aplikasi.
2.Sebutkan komponen-komponen
apa saja yang ada di bisnis online?
·
Content
marketing
·
Search
engine marketing
·
E-mail
marketing
·
Online
public relation
·
Sosial
media marketing
·
Online
advertising
·
Website
·
Conversion
3. Bisnis online
adalah merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif , dalam memasarkan
produk. Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari bisnis online!
1.
Kelebihan
bisnis online
·
Organisasi
lebih mudah dan sederhana
·
Tidak
terbatas ruang dan waktu
·
Kemudahan
memilih target pasar
·
Kemudahan
mengelola barang
·
Pelayanan
lebih fokus
·
Riset
pasar lebih mudah
·
Biaya
pemasaran murah
2.
Kekurangan
bisnis online
·
Biaya
awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi
·
Masih
banyak para pelanggan yang enggan untuk membeli secara online
·
Banyak
pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet
·
Adanya
aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online
·
Kerentanan
terhadap kegiatan penipuan
·
Pemasaran
online tidak membangun hubungan secara langsung saat pelanggan membeli produk
·
Pemasaran
online sangat bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap
kesalahan teknis
4.Apa sebenarnya
manfaat dari bisnis online ?
1. Melakukan perubahan dengan cepat.
Dengan menggunakan bisnis online, maka perusahaan dapat langsung memperbaiki
atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi kesalahan pemasangan
iklan atau ssegala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan
melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah.
2. Menentukan sasaran demografis
tertentu. Bisnis online memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu seperti
halnya gender, usia, dan lokasi. Dengan pemasaran online, perusahaan juga dapat
menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan, dan pekerjaan yang
akan menjadi sasaran dari kegiatan pemasaran yang dilakukan.
3. Banyak media pilihan. Dengan
menggunakan bisnis online, maka media yang dapat digunakan juga banyak. Dimana
media yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis online, diantaranya dapat
menggunakan audio, video, blogging, e-mail, media social, dan newsletter yang
sedang berlangsung.
4. Penghubung yang efektif antara
pemasar dengan konsumen. Dalam melakukan kegiatan pemasaran tentunya terdapat
dua pihak yang terlibat. Dimana pihak tersebut adalah pemasar dan juga
konsumen. Dengan adanya bisnis online maka kedua pihak, yaitu pihak pemasar
(baik penjual produk maupun produsennya langsung) dan konsumen akan
diuntungkan.
5. Kemampuan konversi instan. Dengan
adanya bisnis onlie, pemasar dapat memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan
secara instan. Ketika pemasar memasarkan produk dengan online, pemasar tidak
hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi juga dapat mengambil
penjual seketika dengan melakukan beberapa klik mouse.
5. Jelaskan
perbedaan pemasaran online dan offline!
Online
:
1.
Dalam biaya pemasaran, pemasaran online
tergolong lebih murah. karena tidak memakan biaya banyak, hanya dengan membuat
situs tersendiri serta menyebarkan diberbagai sarana-sarana komunikasi yang ada.
2.
Dalam
pemasaran yang luas, penjualan online ini secara tidak langsung semua orang
dapat melihat produk penjualan kita dari berbagai pulau, kota, provinsi maupun
negara melalui situs penjualan kita sendiri.
3.
Kemudahan
dalam mengakses juga dapat menjadi kelebihan yaitu kita dengan mudah dapat
mengunjungi alamat website kita sendiri
Offline :
1. Dalam biaya pemasaran offline, tergolong mahal.
dikarenakan kita harus lebih memperbanyak brosur, iklan, begitu juga dengan
tenaga.
2. Dalam pemasaran yang luas, mungkin tergolong sulit. dikarenakan bersifat lokal, apabila kita harus membuka cabang diberbagai kota, kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
3. Dalam mengakses setiap produk dalam offline ini, tergolong sulit dikarenakan apabila pihak produsen membagikan brosur kepada pelanggan kemudian pelanggan susah untuk menemukan alamat dari toko tersebut, maka tidak banyak orang datang ke tempat usaha itu.
jadi menurut saya apabila kita ingin menjalankan usaha, lebih baik kita membuka dua alternatif yaitu via online maupun offline. agar dapat mempermudah para konsumen untuk membeli barang dan jasa yang ada
2. Dalam pemasaran yang luas, mungkin tergolong sulit. dikarenakan bersifat lokal, apabila kita harus membuka cabang diberbagai kota, kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
3. Dalam mengakses setiap produk dalam offline ini, tergolong sulit dikarenakan apabila pihak produsen membagikan brosur kepada pelanggan kemudian pelanggan susah untuk menemukan alamat dari toko tersebut, maka tidak banyak orang datang ke tempat usaha itu.
jadi menurut saya apabila kita ingin menjalankan usaha, lebih baik kita membuka dua alternatif yaitu via online maupun offline. agar dapat mempermudah para konsumen untuk membeli barang dan jasa yang ada
6. Bagaimana
cara kerja dari binis online?
a.
Awareness
(kesadaran)
Adapun tahap pertama yang dilakukan
pemasar dalam memasarkan produknya adalah menumbuhkan kesadaran. Oleh karena itu, pemasar membangun
kesadaran konsumen dengan memasaang iklan terlebih dahulu di media social.
b.
Interest
(ketertarikan)
Kesadaran yang dibangun oleh para
pemasar terhadap konsumen akan memunculkan ketertarikan konsumen.Dengan adanya
ketertarikan tersebut, maka konsumen akan mencari tahu tentang produk yang
dipasarkan oleh pemasar melalui media online. Dimana konsumen biasanya akan
melakukan pencarian melalui mesin pencari (misalnya : Google atau Yahoo dan
jejaring social seperti : facebook, dan
twitter ).
c.
Desire
(keinginan)
Adanya kesadaran dan ketertarikan dari
konsumen yang ditunjang dengan pencariaannya melalui media online akan
menimbulkan keyakinan konsumen akan produk yang dipasarkan tersebut.Timbulnya
keyakinan yang ada pada konsumen akan mempengaruhi keinginan konsumen, sehingga
konsumen berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan mencari keterangan
lengkap tentang produk atau jasa tersebut melalui situs web.
d.
Action
(tindakan)
Tindakan merupakan tahap terakhir
sebagai penentu dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa. Dengan adanya
kesadaran yang memicu timbulnya ketertarikan yang pada akhirnya memunculkan
keinginan dari para konsumen untuk mencoba barang atau jasa yang dipasarkan
akan direalisasikan dengan melakukan tindakan yang bertujuan menggunakan barang
atau jasa tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar