1. Mendistribusikan iklan
Dalam menyebarluaskan iklan online, Anda dapat menyebarluskannnya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu:
a. Mencari penyedia iklan online gratis.
Contoh penyedia iklan gratis:
Dalam menyebarluaskan iklan online, Anda dapat menyebarluskannnya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu:
a. Mencari penyedia iklan online gratis.
Contoh penyedia iklan gratis:
1.) www.bandungspace.com
2.) www.bandung.olx.co.id
3.) www.berniaga.com
4.) www.tokobagus.com
b. Membuat konten yang berkualitas dan dicari banyak orang setelah itu lakukan.
1.) Submit artikel ke distributor konten/artikel direktori
2.) Bergabung pada sebuah grup seperti google group atau yahoo groups
3.) Membuat akun di sosial media
4.) Menggunakan social bookmark
5.) Buat channel
6.) Bergabung atau berkomentar di forum-foru
7.) Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan
Beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasa di internet diantaranya adalah:
1. Ad Network
2. Rep Ad Agencies
3. RSS Advert
4. Sponsorship
5. Jaringan dan Bursa iklan
6. Bergabung dengan group buying
7. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
8. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan kategori.
2.) www.bandung.olx.co.id
3.) www.berniaga.com
4.) www.tokobagus.com
b. Membuat konten yang berkualitas dan dicari banyak orang setelah itu lakukan.
1.) Submit artikel ke distributor konten/artikel direktori
2.) Bergabung pada sebuah grup seperti google group atau yahoo groups
3.) Membuat akun di sosial media
4.) Menggunakan social bookmark
5.) Buat channel
6.) Bergabung atau berkomentar di forum-foru
7.) Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan
Beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasa di internet diantaranya adalah:
1. Ad Network
2. Rep Ad Agencies
3. RSS Advert
4. Sponsorship
5. Jaringan dan Bursa iklan
6. Bergabung dengan group buying
7. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
8. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan kategori.
2.
MACAM MACAM MODEL PEMBAYARAN IKLAN ONLINE
Dibawah ini adalah model pembayaran iklan online :
1. Pay Per Impression
Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per seribu).
CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Contoh : portal web seperti www.yahoo.com atau website seperti CNN
2. Pay Per Click
Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Iklan PPC biasanya berkaitan dengan pemasaran pencarian berbayar. Metode pembayaran ini juga kadang-kadang digunakan untuk pemasaran afiliasi yang tujuannnya adalah untuk mengarahkan lalu lintas ke web baru.
3. Pay Per Action
Pengiklan harus membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (cost per action) misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Model PPA tidak umum digunakan untuk iklan banner dan umumnya terkait afiliasi pemasaran.
4. Pay Per Sale
Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link ditampilkan affiliator. contoh : www. amazon.com
5. Pay Per Lead
Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Contoh
http://www.shareasale.com/
6. Pay Per Download
Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Misalnya http://sharecash.org/.
7. Pay Per Play
Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Misalnya SellingPPP.
8. Pay Per Read
Model pembayaran Pay Per REad ini komisi diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan yang disodorkan dan diatur dalam durasi tertentu. Misalnya http://www.elecbook.com/.
9. Cost Per Interaction
Dengan model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover, biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video, permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang menyelesaikan tindakan.
10. Flat Rate atau Sponsorships
Pemilik website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tersebut. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap suatu merek.
Dibawah ini adalah model pembayaran iklan online :
1. Pay Per Impression
Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per seribu).
CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Contoh : portal web seperti www.yahoo.com atau website seperti CNN
2. Pay Per Click
Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Iklan PPC biasanya berkaitan dengan pemasaran pencarian berbayar. Metode pembayaran ini juga kadang-kadang digunakan untuk pemasaran afiliasi yang tujuannnya adalah untuk mengarahkan lalu lintas ke web baru.
3. Pay Per Action
Pengiklan harus membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (cost per action) misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Model PPA tidak umum digunakan untuk iklan banner dan umumnya terkait afiliasi pemasaran.
4. Pay Per Sale
Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link ditampilkan affiliator. contoh : www. amazon.com
5. Pay Per Lead
Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Contoh
http://www.shareasale.com/
6. Pay Per Download
Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Misalnya http://sharecash.org/.
7. Pay Per Play
Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Misalnya SellingPPP.
8. Pay Per Read
Model pembayaran Pay Per REad ini komisi diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan yang disodorkan dan diatur dalam durasi tertentu. Misalnya http://www.elecbook.com/.
9. Cost Per Interaction
Dengan model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover, biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video, permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang menyelesaikan tindakan.
10. Flat Rate atau Sponsorships
Pemilik website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tersebut. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap suatu merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar