SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
B. Menurut Danny Sullivan
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
C. Menurut Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencangkup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiens, desain, pengembangan situs, peneliltian keyword, penempatan keyword, link building, social media marketing, dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.
2. Cara kerja SEO adalah :
a. Crawling (perayapan)
Crawling atau perayapan adalah proses googlebot (bisa juga disebut sebagai robot, bot spider,spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang di-update untuk ditambahkan ke dalam indeks google.
b. Indexing (proses pengindeksan)
Googlebot kemudian melakukan indexing, yaitu memproses masing-masing halaman yang dirayapinya untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan ke dalam sebuah indeks besar.
c. Surving/delivering (menampilkan hasil pencarian)
Ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian.
3.Strategi membuat SEO :
1. Menyajikan Konten Terbaik
Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.Search engine tidak ingin menampilkan konten yang tidak relevan atau tidak berguna. Karena jika konten yang dihasilkan tidak sesuai, itu akan mengecewakan pengguna dan ujung-ujungnya search engine tidak akan digunakan lagi.Oleh karena itu, mesin pencari sangat berkepentingan dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin search engine akan berupaya menampilkan konten yang berkualitas.
Apa kriteria konten yang bagus:
Pertama, membuat informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Jika informasinya cocok dengan yang dicari, sudah pasti pengunjung akan senang dan betah di situs. Tulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pengunjung. Ini untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan baik.
Kedua, Tulis untuk Manusia. Pembaca Anda adalah manusia. Maka tulis untuk manusia.
Meskipun banyak aturan mengenai cara penulisan SEO, tetapi menulis sesuatu yang enak dibaca itu jauh lebih penting.
2. Memahami Keyword (Kata Kunci)
Proses pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci. Misalnya, pengguna menggunakan kata kunci ‘bisnis online’ ketika mencari informasi mengenai jenis usaha ini. Kemudian, perlu mengkaji kata kunci apa yang penting dalam usaha ini namun belum banyak persaingannya. Artinya, belum banyak situs sejenis yang mentarget kata kunci. Untuk memahami kata kunci dengan baik, pebisnis perlu paham target pasarnya. Apa yang mereka cari, istilah yang mereka pakai.
3. Membangun Backlink
Backlink adalah bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi. Mesin pencari menangkap sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.
Apa kriteria backlink yang berkualitas?
Pertama, relevan. Backlink diberikan oleh situs dalam niche atau topik yang sama. Misalnya, situs tentang computer sebaiknya mendapatkan link dari situs teknologi.
Kedua, contextual links. Ini adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis).
Ketiga, situs dengan authority tinggi. Link yang berasal dari situs – situs yang bisa dipercaya, nilainya jauh lebih baik dari yang tidak jelas.
4. SEO On Page Atau On Page SEO Merupakan Serangkaian Proses Yang Dilakukan Oleh Webmaster/Website Owner Untuk Mengoptimasi Halaman Website Mereka Yang Berguna Untuk Dua Aspek Utama Yaitu Mesin Pencari Dan Pengguna. Kedua Aspek Utama Tersebutlah Yang Menjadi Tujuan Dalam Optimasi Semua Halaman Website.
5. Proses kerja sEO on page :
- Memilih Template SEO Friendly. Template dapat berpengaruh pada SEO, terkadang design template yang bagus dan menarik belum tentu memiliki SEO yang bagus juga. Maka pilihlah template blog yang SEO friendly. Ada banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah disisipi hack SEO sehingga menjadi SEO friendly.
- Pasang Meta Tags. Jenis Meta Tags yang biasa digunakan adalah meta description, dengan penggunaan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Fungsi dari Meta description adalah untuk memuat informasi yang mendeskripsikan halaman suatu blog. Meta description akan muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dll.
- Pergunakan Keyword Pada Title Blog. Tampilan Judul menjadi tampilan utama yang di lihat oleh pengunjung blog, maka ada baiknya menggunakan keyword yang di targetkan pada title blog.
- Memaksimalkan keyword dalam postingan blog, tetapi tidak berlebihan agar tidak di anggap spam oleh search engine. Cara menempatkan keyword pada artikel yang baik dapat di sesuaikan dengan jumlah kata pada suatu artikel yaitu dengan cara membuat artikel yang tepat untuk SEO
6. SEO Off Page adalah sistem kerja atau cara optimisasi yang dilakukan di luar Blog dengan cara membangun backlink.
7. Prpses kerja SEO off page :
- Melakuakan inbound link atau link dari blog/situs web lain yang nantinya mengarah ke Blog kita. Pilihlah link yang bermutu karena semakin bagus link tersebut maka akan semakin bagus pula reputasi Blog kita dimata search engine.
- Membuat reciprocal link. Raciprocal dapat di lakukan baik dengan derektori, social bookmark ataupun bisa juga dengan bertukar link dengan blog/website lainnya.
- Mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark atau direktori, berikan berkomentar di blog lain dengan meninggalkan link di form komentator. Pastikan komentar yang kita berikan adalah komentar yang bermutu dan sesuai dengan tema dan isi dari artikel pada halaman Blog tersebut.
8. manfaat SEO secara Umum
- Meningkatkan income/penghasilan
2. Menghemat Biaya
Dengan memiliki pengetahuan tentang SEO untuk menjual produk/jasa maka Anda secara tidak langsung sudah mengurangi biaya pengeluaran untuk memasang iklan, serta biaya promosi website yang berbayar.
3. Mendapat visitor potensial sesuai dengan target keyword
Dengan adanya peran SEO maka Anda akan benar-benar mendapatkan kunjungan traffic lalu lintas dari visitor/pengunjung sesuai dengan keyword sebagai target sasaran Anda, sehingga visitor yang berkunjung adalah murni ingin mendapatkan informasi produk atau jasa yang Anda jual, dengan syarat konten yang ada relevan dengan informasi yang tertuang pada website Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar