1.      Apa yang dimaksud dengan iklan ?
2.      Sebutkan manfaat iklan online !
3.      Sebutkan 3 web penyedia iklan online !
4.      Sebutkan 3 contoh tampilan iklan online!
5.      Jelaskan keuntungan iklan online !
6.      Jelaskan letak iklan online yang strategis!
7.      Jelaskan keunggulan Return Of Invesmant(ROI) !
8.      Jelaskan iklan afilliasi dan berikan contohnya (2) !
9.      Jelaskan perbedaan antara iklan online dan offline !
10.  Hitunglah ROI dari PT. Bisa Maju Sejahtera yang telah mendapatkan keuntungan besar Rp 15.000.000 dan mengeluarkan biaya untuk promosi sebesar Rp 10.000.000
JAWAB :
1)      Iklan adalah segala bentuk promosi barang dan jasa yang disampaikan melalui media dan ditunjukan ke masyarakat.
2)      Manfaat iklan online :
a)      Akan mendapatkan perhatian khusus karena kebanyakan orang menghabiskan dunianya dimedia sosial atau internet.
b)      Meningkatkan presepsi umum terhadap produk.
c)      Akan meningkatkan ingatan dan pembaruan dalam awarness konsumen
3)      (3) Contoh web :
a)      Berniaga
b)      OLX.CO.ID
c)      Tribun Jualbeli
4)  




     
5)      Keunggulan iklan online :
1)      Waktu
Selama masih ada, bisa dibaca berkali-kali, pembacanya tersebar diseluruh dunia dan tidak terbatas
2)      Biaya
Biaya relatif lebih murah. Bahkan banyak yang menawarkan gratis.
3)      Pembaca
Dalam waktu yang sama, bisa dibaca ratusan, bahkan puluhan ribu orang.
6)      Letak iklan online yang strategis :
a)      Letak iklan di bawah judul artikel
b)      Iklan ada dibagian tengah artikel
c)      Iklan ada dibagian ending sebuar artikel
7)      Keunggulan Return Of Invesment (ROI)
a)      Pengukur prestasi yang komprehensif
b)      Dapat membandingkan prestasi antar divisi
c)      Mendorong terciptanya keselarasan tujuan
d)     ROI bersifat menyeluruh artinya apabila perusahaan telah menjalankan teknik analisis ROI untuk mengukur efesiensi penggunaan operating aset
8)      Afillasi merupakan suatu teknik marketing dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui website pasar. Para pemasar mendapatkan link khusus yang sudah diberi tracking (pelacak) sehingga setiap transaksi yang datang dari pemasar akan diketahui oleh sistem afilliasi penjual.
Contoh :
a)      Terdapat pada amazon.com yang menjual bermacam-macam buku
b)      Terdapat pada clickbank.com sebuah situs yang menjadikan tempat pemasaran online yang merupakan gabungan dari puluhan ribu penjual produk digital yang sangat luas yang sudah terdaftar didalamnya.
9)      Perbedaan iklan online dan offline :
a)      Dari segi manfaat, iklan online lebih mudah untuk mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan dan mengurangi biaya sedangkan offline terjadi transaksi secara langsung.
b)      Dari segi biaya, iklan online biayanya lebih murah sedangkan iklan offline biaya lebih mahal.
c)      Dari segi luasnya pemasaran, iklan online memiliki lokasi pemasar yang lebih luas sedangkan iklan offline jangkauannya kurang luas karena jangkauannya terbatas.
d)     Dari segi kepercayaan, iklan offline lebih meyakinkan konsumen karena dapat melihat produk secara langsung produk yang ditawarkan.
10)   ROI = Rp 15.000.000 – Rp 10.000.000
     Rp  10.000.000 X 100 %
                        =  5.000.000  = 0,5 x 100% = 0,5%
                          10.000.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar