1.
Apa yang dimaksud dengan iklan ?
2.
Sebutkan manfaat iklan online !
3.
Sebutkan 3 web penyedia iklan online !
4.
Sebutkan 3 contoh tampilan iklan online!
5.
Jelaskan keuntungan iklan online !
6.
Jelaskan letak iklan online yang
strategis!
7.
Jelaskan keunggulan Return Of Invesmant(ROI)
!
8.
Jelaskan iklan afilliasi dan berikan
contohnya (2) !
9.
Jelaskan perbedaan antara iklan online
dan offline !
10.
Hitunglah ROI dari PT. Bisa Maju
Sejahtera yang telah mendapatkan keuntungan besar Rp 15.000.000 dan
mengeluarkan biaya untuk promosi sebesar Rp 10.000.000
JAWAB :
1)
Iklan adalah segala bentuk promosi
barang dan jasa yang disampaikan melalui media dan ditunjukan ke masyarakat.
2)
Manfaat iklan online :
a) Akan
mendapatkan perhatian khusus karena kebanyakan orang menghabiskan dunianya
dimedia sosial atau internet.
b) Meningkatkan
presepsi umum terhadap produk.
c) Akan
meningkatkan ingatan dan pembaruan dalam awarness konsumen
3)
(3) Contoh web :
a) Berniaga
b) OLX.CO.ID
c) Tribun
Jualbeli
4)
5)
Keunggulan iklan online :
1) Waktu
Selama masih ada, bisa dibaca
berkali-kali, pembacanya tersebar diseluruh dunia dan tidak terbatas
2) Biaya
Biaya relatif lebih murah. Bahkan
banyak yang menawarkan gratis.
3) Pembaca
Dalam waktu yang sama, bisa dibaca
ratusan, bahkan puluhan ribu orang.
6)
Letak iklan online yang strategis :
a) Letak
iklan di bawah judul artikel
b) Iklan
ada dibagian tengah artikel
c) Iklan
ada dibagian ending sebuar artikel
7)
Keunggulan Return Of Invesment (ROI)
a) Pengukur
prestasi yang komprehensif
b) Dapat
membandingkan prestasi antar divisi
c) Mendorong
terciptanya keselarasan tujuan
d) ROI
bersifat menyeluruh artinya apabila perusahaan telah menjalankan teknik
analisis ROI untuk mengukur efesiensi penggunaan operating aset
8)
Afillasi merupakan suatu teknik
marketing dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui website pasar. Para
pemasar mendapatkan link khusus yang sudah diberi tracking (pelacak) sehingga
setiap transaksi yang datang dari pemasar akan diketahui oleh sistem afilliasi
penjual.
Contoh :
a) Terdapat
pada amazon.com yang menjual bermacam-macam buku
b) Terdapat
pada clickbank.com sebuah situs yang menjadikan tempat pemasaran online yang
merupakan gabungan dari puluhan ribu penjual produk digital yang sangat luas
yang sudah terdaftar didalamnya.
9)
Perbedaan iklan online dan offline :
a) Dari
segi manfaat, iklan online lebih mudah untuk mempromosikan produk dan jasa
kepada pelanggan dan mengurangi biaya sedangkan offline terjadi transaksi
secara langsung.
b) Dari
segi biaya, iklan online biayanya lebih murah sedangkan iklan offline biaya
lebih mahal.
c) Dari
segi luasnya pemasaran, iklan online memiliki lokasi pemasar yang lebih luas
sedangkan iklan offline jangkauannya kurang luas karena jangkauannya terbatas.
d) Dari
segi kepercayaan, iklan offline lebih meyakinkan konsumen karena dapat melihat
produk secara langsung produk yang ditawarkan.
10)
ROI = Rp 15.000.000 – Rp 10.000.000
Rp 10.000.000 X 100 %
= 5.000.000 = 0,5 x 100% = 0,5%
10.000.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar